Resume Pertemuan 3 dan 4 Psikologi Belajar

Assalamualaikum Wr Wb

Hai kawan-kawan semua, gimana kabarnya? semoga selalu sehat selalu ya. Pada postingan sebelumnya kita membahas tentang definisi dari psikologi belajar itu sendiri, serta perbedaan psikologi belajar dan psikologi pendidikan. Nah pada postingan kali ini kita akan meresume mata kuliah Psikologi Belajar pertemuan ke 3 dan 4 yang membahas tentang "Belajar dan Perilaku Belajar". 

Belajar

Belajar, pasti kawan-kawan semua pernah mendengar kata itu dan juga sering melakukannya dalam kehidupan sehari-hari karena memang dalam hidup kita harus senantiasa belajar. Namun kawan-kawan tau ga apa definisi dari belajar? Belajar sendiri dalam pandangan psikologi merupakan suatu proses perubahan, perubahan apa itu? yaitu perubahan dalam perilaku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sedangkan menurut Slameto (1991:2) belajar berarti suatu proses usaha yang dilakukan oleh individu untuk dapat memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, perubahan tingkah laku tersebut sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Namun secara umum belajar dapat diartikan sebagai tahapan perubahan dari seluruh perilaku individu yang relatif menetap sebagai hasil dari pengalaman dan interaksi dengan lingkungannya yang melibatkan proses kognitif.

Belajar sendiri memiliki ciri-ciri tersendiri, berikut adalah Ciri-Ciri Belajar

1. Adanya perubahan dalam diri individu yang bersifat menyeluruh, yang melibatkan keseluruhan tingkah laku secara integral.

2. Terjadi melalui pengalaman dari individu itu sendiri

3. Belajar dapat terjadi dimanapun

4. Belajar berlangsung sepanjang hayat

5. Belajar merupakan proses interaksi

6. Membentuk inklusifitas sosial dan gender sebagai konstruksi sosial di masyarakat.

7. Berlangsung dari yang sederhana hingga yang rumit.

Tujuan dari belajar itu sendiri adalah membuat perubahan dalam diri individu, perubahan tersebut berupa tingkah laku sehingga individu tersebut dapat menjadi manusia yang lebih baik.


Perilaku Belajar

Perilaku belajar yang terjadi pada para peserta didik dapat dikenal baik dalam proses maupun hasilnya. Proses belajar dapat terjadi apabila individu merasakan adanya kebutuhan dalam dirinya yang tidak dapat dipenuhi dengan cara-cara yang refleks atau kebiasaan. Ia ditantang untuk mengubah perilaku yang ada agar dapat mencapai tujuan. Hasil perilaku belajar ditunjukkan dengan adanya perubahan perilaku dalam keseluruhan pribadi pelajar. Perilaku hasil belajar mencakup aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Para guru hendaknya mampu mengantisipasi aspek-aspek perubahan perilaku ini mulai dari perencanaan kegiatan-kegiatan mengajar, menumbuhkannya dalam pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar. Perlu diingat bahwa perilaku belajar bisa bersumber dari berbagai aspek perilaku lain baik yang bersifat internal maupun eksternal.


Nah, sekian penjelasan tentang Belajar dan Perilaku Belajar. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kawan-kawan semua, Aamiin. 

Wassalamualaikum Wr Wb




Mata kuliah Psikologi Belajar

Dosen pengampu Burhan Nudin, S.Pd.I., M.Pd.I.

Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia

Komentar