Muh. Mishbahurrizqi (18422037)
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia
Assalamualaikum Wr Wb..
Hai kawan-kawan, bagaimana kabarnya nih? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, aamiin ... Pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk membagikan materi yang saya dapatkan dari mata kuliah Psikologi Belajar yang diajarkan oleh Bapak Burhan Nudin, S.Pd.I., M.Pd.I. Pada kesempatan ini topik yang akan dibahas adalah tentang "Karakteristik dan Ragam Belajar". Pada pertemuan yang ke 5 dan 6 ini kami ditugaskan untuk membuat video animasi yang menjelaskan tentang Karaktertistik dan Ragam Belajar menggunakan salah satu aplikasi pembuat animasi. Akan tetapi saya akan tetap membagikan materi yang saya dapatkan. Oke langsung saja ke pembahasannya yaa...
Karakteristik Belajar
Setiap perilaku belajar selalu ditandai oleh ciri-ciri perubahan yang spesifik. Karakteristik perilaku belajar ini dalam beberapa pustaka rujukan, antara lain menurut Surya (1982), disebut juga sebagai prinsip-prinsip belajar. Di antara ciri-ciri perubahan khas yang menjadi karakteristik perilaku belajar yang terpenting adalah (1) perubahan itu intentional (2) perubahan itu positif dan aktif (3) perubahan itu efektif dan fungsional.
Perubahan Intensional
Perubahan yang terjadi dalam proses belajar adalah berkat pengalarnan
atau praktik yang dilakukan dengan sengaja dan disadari, atau dengan kata lain
bukan kebetulan. Karakteristik ini mengandung pengertian bahwa siswa dan siswi
menyadari akan adanya perubahan yang dialami atau sekurang-kurangnya ia merasakan
adanya perubahan dalam dirinya, seperti penambahan pengetahuan, kebiasaan,
sikap dan pandangan sesuatu, keterampilan, dan seterusnya.
Perubahan Positif-Aktif
Perubahan yang terjadi karena proses belajar bersifat positif dan aktif. Positif artinya baik, bermanfaat, serta sesuai dengan harapan. Hal ini juga bermakna bahwa perubahan tersebut senantiasa merupakan penambahan, yakni diperolehnya sesuatu yang baru (seperti pemahaman dan keterampilan baru) yang lebih baik daripada apa yang telah ada sebelumnya. Adapun perubahan yang tidak terjadi dengan sendirinya seperti karena proses kematangan (misalnya, bayi yang bisa merangkak setelah bisa duduk), karena usaha anak itu sendiri.
Perubahan Efektif-Fungsional
Manifestasi Perilaku Belajar
Dalam memahami arti belajar dan esensi perubahan karena belajar, para ahli sependapat atau sekurang-kurangnya terdapat titik temu di antara mereka mengenai hal-hal yang prinsip. Akan tetapi, mengenai apa yang dipelajari siswa –siswi dan bagaimana perwujudan atau manifestasinya, agaknya masih tetap merupakan teka-teki yang sering menimbulkan silang pendapat yang cukup tajam di antara para ahli itu. Meskipun demikian, berikut ini akan dikemukakan pendapat sekelompok ahli mengenai perilaku belajar.
Manifestasi perilaku belajar sendiri tampak dalam:
- Kebiasaan, seperti siswa-siswi belajar bahasa berkali-kali menghindari kecenderungan penggunaan kata atau struktur yang keliru, sehingga akhirnya ia terbiasa dengan penggunaan bahasa secara baik dan benar
- Keterampilan, seperti menulis dan berolahraga yang sifatnya motorik keterampilan-keterampilan itu memerlukan koordinasi gerak yang teliti dan kesadaran yang teliti
- Pengamatan, yakni proses menerima, menafsirkan, dan memberi rangsangan yang masuk melalui indera-indera secara menyeluruh sehingga siswa mampu mencapai pengertian secara benar
- Berpikir asosiatif, yakni berpikir dengan mengasosiasikan sesuatu dengan lainnya yang menggunakan daya ingat
- Berpikir rasional dan kritis, yakni mengungkapkan prinsip-prinsip dan dasar-dasar pengertian dalam menjawab pertanyaan kritis seperti "bagaimana" (how) dan "mengapa" (why)
- Sikap, yakni kecenderungan yang relatif menetap untuk bereaksi dengan cara baik atau buruk terhadap orang sesuai dengan pengetahuan dan keyakinan
- Inhibisi, menghindari hal yang mubazir
- Apresiasi, menghargai kekuatan dari karya bermutu
- Tingkah laku afektif, yakni tingkah laku bersangkutan dengan perasaan takut, marah, sedih, gembira, kecewa, senang, benci, was-was, dan sebagainya sesuai dengan pengetahuan dan keyakinan.
Ragam Belajar
Dalam proses belajar dikenal adanya bermacam-macam kegiatan yang memiliki corak yang berbeda antara satu dengan lainnya, baik dalam aspek materi dan metodenya maupun dalam aspek tujuan dan perubahan tingkah laku yang diharapkan. Keanekaragaman jenis belajar ini muncul dalam dunia pendidikan sejalan dengan kebutuhan kehidupan manusia yang juga bermacam-macam. Berikut adalah ragam belajar:
Nah, sekian penjelasan tentang Belajar dan Perilaku Belajar. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kawan-kawan semua, Aamiin.
Wassalamualaikum Wr Wb
Komentar
Posting Komentar